1

10 Strategi Monetize Blog Berbahasa Indonesia

Badinesia.com  – Bagi Anda yang menginginkan penghasilan dari blog yang telah digarap selama bertahun-tahun, biasanya harus melewati tahap monetisasi. Secara sederhana, tahap tersebut dapat diartikan sebagai mengubah blog Anda yang tadinya tidak bernilai, menjadi blog yang memiliki nilai untuk menghasilkan uang. Artikel ini akan mmbahas beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mempermudah tahap monetisasi, antara lain :

  1. Menjadi publisher PPC

PPC adalah singkatan Paid Per Click. Melalui aktivitas ini Anda akan dibayar sesuai dengan sejumlah iklan yang diklik oleh para pengunjung. Iklan tersebut meruapkan hasil dari pihak ketiga yang nantinya berguna ketika dipasang pada Blog Anda. Untuk menggunakannya, Anda cukup melakukan pendaftaran dengan blog Anda. Program tersebut dapat dijalnkan setelah blog telah diverifikasi oleh situs PPC. Contoh PPC antara lain Idblognetwork.com, Kumpulblogger.com,  Kliksaya.com dan Adsensecamp.com.

  1. Mengikuti Affiliate

Adalah cara yang ampuh bagi monetisasi blog. Sebab, Anda akan diminta untuk menawarkan sebuah barang di blog kemudian mendapat komisi setelah barang tersebut laku. Hal ini cukup menarik para netizen dan tidak jarang kemudian mereka ikut dengan cara memasukkan Anda sebagai referensi. Semakin banyak orang yang menjadikan Anda referensi, semakin besar peluang untuk memperoleh penghasilan.

  1. Mengikuti Paid To Review

Selanjutnya adalha dengan mengikuti jasa review sebuah produk. Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak waktu seperti PPC atau afiliasi produk. Akan tetapi syarat utamanya biasanya terletak pada jumlah pengunjung yang cukup banyak. Beberapa situs yang menyediakan jasa review adalah sponsoredreviews.com, blogsvertise.com dan adreviewcamp.com.

  1. Menampilkan Google Adsense for Search

Google menyediakan fasilitas periklanan yang mampu memberikan uang bagi blog yang Anda kerjakan. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya tinggal mendaftaran blog kemudian Google akan melakukan review. Jika lolos, maka situs Anda bisa menempatkan beberapa iklan hasil Google baik dalam menu search atau iklan yang mncul di pojok.

  1. Menjual Text Link Ads

Selain cara di atas, ada cara lainnya yaitu dengan menjual text link Ads. Meskipun belum terlalu marak digunakan oleh blogger tetapi memiliki keuntungan yang bisa dikatakan cukup besar. Jika Anda telah mahir memainkan text tersebut, Anda bisa meminta harga yang tinggi untuk sebuah tulisan.

  1. Mengikuti Paid To CLick (PTC)

Hampir sama dengan sistem afiliasi, PTC akan membawa keuntungan bagi Anda ketika menyediakan link referensi untuk mengklik sebuah iklan. Biasanya setiap orangyang mendaftar menggunakan diri Anda maka Anda akan mendapatkan keuntungan sekitar $0.05. Semakin banyak orang yang bergabung,semakin banyak keuntungan bisa diperoleh.

  1. Menawarkan Iklan Mandiri

Seperti space iklan yang kosong pada pinggiran jalan, Anda bisa menyediakan lahan kosong bagi orang yang ingin memasang iklan di blog Anda. Hal ini cukup menarik karena keuntungan Anda bisa saja tidak terbatas, tergantung bagaimana Anda menilai sebuah blog sendiri.

  1. Menawarkan Jasa Keahlian

Blog dapat digunakan untuk menawarkan jasa atau keahlian yang Anda miliki dan mampu menghasilkan uang. Terlebih bagi blog yang cukup terkenal, hal ini sangat menguntungkan. Selain mereka mempunyai banyak visitor, maka mereka juga sudah dikenal sebagai pihak yang dapat dipercaya untuk melakukan sebuah bisnis yang berkualitas.

  1. Menjual E-book

E-book menjadi tenar karena memiliki kapasitas kecil tetapi menyimpan ratusan lembar isi yang bermanfaat. Jika Anda mahir membaut tulisan, maka bisa Anda jadikan buku lalu dijual secara pribadi. Misalnya buku tentang contoh-contoh tes pekerjaan, akan diminati oleh banyak orang.

  1. Menjual Produk Sendiri

Blog juga dimanfaatkan sebagai sarana jual beli produk yang Anda miliki. Semakin besar jumlah visitor, semakin besar jumlah produk yang bisa Anda tawarkan. Untuk menjualnya, Anda tidak perlu takut tidak laku, cobalah melakukan promosi dengan baik dan sewajarnya. Pelan-pelan saja tetapi memiliki progres yang jelas.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google