12 Kerusakan Laptop Yang Paling Sering Terjadi

Badinesia.com – Laptop yang sering Anda gunakan untuk berbagai keperluan tentu saja suatu saat akan mengalami kerusakan. Penyebabnya bermacam-macam. Anda perlu mengetahui jenis kerusakannya seperti apa agar Anda bisa menemukan solusi tepat untuk memperbaikinya.

Sebenarnya, banyak sekali jenis kerusakan laptop apalagi yang menyangkut masalah kerusakan hardware. Berikut ini adalah pembahasan mengenai masalah kerusakan hardware laptop yang sering terjadi dan solusi untuk mengatasi kerusakan tesebut.

Masalah 1: Laptop sangat bising.

Masalah ini terjadi ketika laptop Anda menyala dan bekerja dengan baik seperti biasanya, akan tetapi seringkali Anda mendengar suara bising yang berasal dari laptop Anda. Kadang-kadang suara bising itu terdengar setiap saat, tapi ada juga yang hanya sebentar.

Biasanya suara bising laptop ini berasal dari kipas pendingin atu hard drive laptop. Untuk mengetahui bagian mana yang rusak, Anda bisa melakukan langkah ini. Ketika Anda menyalakan laptop, tunggu selama beberapa saat hingga suara bising itu terdengar. Jika laptop tersdengar bising ketika kipas pendingin mulai bekerja, berarti kemungkinan besar kipas pendingin laptop Anda yang rusak. Akan tetapi, jika suara itu terdengar walaupun kipas pendingin Anda tidak berputar, kemungkinan besar masalahnya ada pada har drive laptop  Anda. Buat back up semua data Anda dari hard drive dengan segera sebab kerusakan total bisa saja terjadi.

Masalah 2 : Baterai laptop tidak terisi.

Jika baterai laptop Anda tidak terisi, maka masalah tersebut bias disebabkan oleh dua kemungkinan baterai laptop Anda memang tidak terisi atau Anda salah mengatur posisi konektor adaptor AC di dalam konektor daya pada laptop.

Masalah yang mungkin terjadi adalah baterai laptop Anda benar-benar rusak. Jika baterai benar-benar tidak terisi sedikit pun

Kemungkinan masalah: coba gunakan dulu baterai saja. Jika tidak membantu, keluarkan baterai dan coba jalankan laptop hanya dari AC adaptor. Jika laptop berjalan dengan baik dari adaptor AC tetapi tidak mengisi baterai sama sekali, kemungkinan besar baterai rusak atau masalah motherboard. Cobalah untuk mengganti baterai laptop Anda.

Jika Anda lepas konektor daya DC. dan pengisian baterai berhenti setelah Anda mengatur posisi ujung adaptor AC di dalam konektor, berarti DC jack yang bermasalah.

Masalah 3 : Laptop memiliki gambar aneh atau kacau di layar.

Masalah ini terjadi ketika laptop Anda bisa menyala dengan baik tetapi layar laptop menunjukkan gambar aneh dan kacau.

Masalah yang mungkin terjadi adalah kegagalan kartu grafis. Ujilah laptop Anda dengan output gambar pada monitor eksternal. Jika Anda melihat masalah yang sama pada layar eksternal, kemungkinan besar ini adalah kegagalan kartu grafis.  Jika masalah hanya muncul di layar laptop Anda, dapat dikaitkan dengan salah satu dari berikut: koneksi yang buruk antara kabel video dan motherboard atau layar LCD atau kabel video gagal atau layar LCD gagal.

Masalah 4 : Laptop mati total.

Ketika Anda pasang adaptor AC ke laptop, tidak ada lampu yang menyala sama sekali. Ketika Anda menekan tombol power, tidak ada reaksi yang terjadi. Laptop tampaknya benar-benar mati, tidak ada suara, tidak ada indikasi hidup.

Masalah yang kemungkinan terjadi adalah

  1. AC adaptor gagal dan baterai benar-benar habis. Ujilah AC adaptor laptop Anda, jika memang masih mati, maka gantilah adaptor Anda.
  2. DC jack terlepas dari motherboard (atau DC jack rusak) dan laptop tidak memperoleh daya listrik dari adaptor AC. Jika hal ini terjadi maka Anda harus mengganti jack DC.
  3. Motherboard Laptop rusak. Berhati-hatilah jika ini terjadi, sebab kemungkinan besar laptop Anda tidak bisa diperbaiki.

Masalah 5 : Laptop menyala tapi layar blank.

Ketika Anda menyalakan laptop, lampu LED pada laptop Anda tetap menyala, kipas pendingin juga tidak bekerja tapi tidak ada yang muncul di layar. Layar laptop Anda terlihat hitam dan kosong. Tidak ada gambar di layar sama sekali, bahkan gambar sangat redup juga tidak ada.

Kemungkinan besar yang terjadi adalah kegagalan memori. Mungkin dari modul memori gagal dan laptop tidak menyala karena itu. Jika terjadi demikian, cobalah untuk reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.

Setelah melakukan reseating / mengganti modul memori tetapi layar masih blank, cobalah lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dan sebagainya. Bongkarlah laptop Anda dan hanya peralatan minimal yang terpasang, lalu ujilah kembali laptop Anda. Jika laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan motherboard atau prosesor.

Masalah 6 : Laptop menyala dan lalu mati lagi.

Masalah ini terjadi ketika laptop menyala dan tidak ada gambar sama sekali pada layar. Selanjutnya laptop akan mati dengan sendirinya beberapa detik kemudian, lalu menyala dan mati lagi. Ini terus terjadi sampai laptop Anda dimatikan secara total.

Kemungkinan besar hal itu terjadi karena beberapa jenis kegagalan motherboard. Anda dapat mencoba melakukan reseating / mengganti memori. Jika tidak berhasil, berarti laptop Anda benar-benar mengalami kerusakan motherboard. Solusinya, lebih baik Anda membeli laptop baru.

Masalah 7 : Laptop mati atau macet ketika sedang digunakan.

Laptop menyala dan berjalan dengan benar, tetapi setelah beberapa saat langsung hang atau mati tanpa peringatan apapun. Ketika itu terjadi, laptop terasa panas di bagian bawah. Juga, kipas pendingin bekerja lebih keras dari biasanya.

Masalah yang mungkin terjadi jika laptop Anda mengalami hal ini adalah masalah panas processor. Hal ini terjadi karena modul pendingin tersumbat dengan debu dan laptop tidak bisa “bernafas” dengan benar. Untuk mengatasi masalah ini matikanlah laptop karena prosesor terlalu panas. Setelah itu, bersihkanlah kipas pendingin laptop Anda dan heatsink nya.

Masalah 8 : Layar jadi gelap sementara laptop berjalan.

Laptop Anda dinyalakan dengan cara yang benar tapi setelah beberapa saat lampu layarnya mati. Gambar masih muncul di layar laptop Anda tetapi sangat gelap.  Dalam beberapa kasus lampu layar tidak pernah start tetapi Anda masih bisa melihat gambar yang sangat samar di layar. Dalam semua kasus video laptop tampaknya baik-baik saja jika menggunakan monitor eksternal atau TV.

Kemungkinan besar masalah yang terjadi adalah kerusakan pada inverter layar atau lampu layar backlight (CCFL).  Jika keduanya rusak maka akan menyebabkan cahaya layar redup. Untuk trobuleshoot jenis kegagalan secara efektif, Anda memerlukan beberapa suku cadang: baik inverter kerja baru atau lampu backlight yang dikenal masih baik.

Masalah 9 : Laptop membuat suara beep yang berulang pada startup.

Ketika Anda menghidupkan laptop tidak ada video di layar dan membuaat suara bip berulang-ulang. Laptop akan kembali normal ketika Anda menekan salah satu tombol pada keyboard. Masalah yang mungkin terjadi adalah tombol terjebak pada keyboard. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengganti keyboard Anda.

Masalah 10 : Beberapa tombol keyboard laptop berhenti bekerja.

Laptop menyala dan berjalan dengan baik tetapi beberapa tombol keyboard tidak bekerja sama sekali atau karakter yang salah ketik. Kemungkinan besar beberapa tombol keyboard Anda rusak. Keyboard Anda tidak dapat diperbaiki jika beberapa tombol memang tidak bisa berfungsi lagi. Untuk itulah, Anda harus mengganti keyboard Anda.

Masalah 11 : Tombol keyboard laptop hilang atau rusak.

Masalah ini terjadi ketika sebuah tombol hilang dari keyboard laptop. Jika tombol hilang dari keyboard, masih mungkin untuk memperbaikinya tanpa mengganti seluruh keyboard. Tapi jika banyak tombol yang hilang, sebaiknya And mengganti keyboard Anda.

Masalah 12 : Cairan tumpah di laptop.

Jika Anda menumpahkan sesuatu yang mungkin berbahaya pada laptop Anda dan laptop Anda tidak bisa berjalan dengan baik, maka matikan laptop Anda. Kemudian keluarkan baterai dan  jangan menggunakan laptop sampai semua bagian internal diperiksa karena cairan tersebut.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google