24

4 Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging

4 Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Daging
Badinesia.com – Tubuh yang sehat tentu akan menunjang Anda melakukan aktifitas sehari-hari. Karena itulah banyak yang mengatakan sehat itu mahal. Lagi pula merasakan sakit bukanlah hal yang menyenangkan. Pasti semua orang di dunia ini sangatlah menginginkan kesehatan.
Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Tubuh membutuhkan berbagai zat untuk melakukan metabolisme sehingga dibutuhkan asupan makanan yang mengandung itu semua. Salah satu zat yang baik dan dibutuhkan tubuh ialah protein. Protein bisa Anda dapatkan dari hewan maupun tumbuhan.
Protein tumbuhan bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur mayur, tempe, dan tahu. Sedangkan protein hewani bisa Anda dapatkan melalui makanan seperti telur, ikan, dan daging. Namun Anda harus mengonsumsinya sesuai dengan takaran secukupnya, tidak kurang mau pun tidak berlebihan.
Segala sesuatu pada dasarnya tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi protein tentu tidak baik untuk tubuh dan dapat menyebabkan bahaya tertentu. Berikut 4 bahaya jika tubuh terlalu banyak mengonsumsi daging.
 
Badan semakin berat
Bahaya ini yang paling ditakutkan semua orang, terutama wanita. Mengonsumsi protein secara berlebihan akan lebih cepat dalam menaikan berat bada Anda. Lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang melakukan pola hidup sehat. Hal ini dibenarkan oleh para pakar kesehatan setelah melakukan berbagai macam uji.
Mulut menjadi bau
Kelebihan protein membuat tubuh mengalami ketosis dibandingkan dengan konsumsi terhadap karbohidrat. Ketosis merupakan fase dalam tubuh dimana terjadi pembakaran lemak yang kemudian digunakan sebagai energi. Tentu ini menjadi kabar gembira bagi para pelaku diet. Namun faktanya ini akan membuat zat ketones keluar dari mulut dan menyebabkan nafas menjadi tak enak. Hal tersebut tentu akan mengganggu penampilan dalam aktifitas Anda.
Merusak ginjal
Dengan mengonsumsi daging secara berlebih maka tubuh akan mendapatkan nitrogen secara berlebih pula. Ini tentu akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras lagi guna menyaring darah yang terlarut dalam sistem sekresi. Lambat laun jika hal tersebut dibiarkan tentu akan berdampak pada kesehatan ginjal dan akhirnya bisa rusak. Nitrogen yang berlebih biasanya akan dikeluarkan ginjal melalui air kencing.
Mempengaruhi mood
Perubahan bukan hanya terjadi pada organ tubuh, mood juga akan ikut berubah. Daging yang terlalu banyak dapat menyebabkan moody. Hal ini dikarenakan tubuh yang mengalami kekurangan karbohidrat akan merespon dengan produksi hormon serotonin. Hormon tersebut bertugas untuk mengatur moody Anda.
Itulah bahayanya jika Anda mengonsumsi daging secara berlebihan. Sebaiknya imbangi konsumsi daging dengan konsumsi sayur dan olah raga yang teratur. Cocokkan takaran dengan usia, jenis kelamin, dan aktifitas Anda sehingga akan pas dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google