7 Budayawan Terkenal Sepanjang Sejarah Indonesia

Badinesia.com – JASMERAH !! Jangan lupakan sejarah. Nah itu yang sering kita ungkapkan saat belajar sejarah di sekolah kan. Siapakah sejarah itu? apakah hanya pahlawan dan tokoh tokoh penting bidang politik?.

Tidak. Semua nama yang tercatat sejarah adalah orang-orang yang berprestasi di bidangnya. Termasuk dalam bidang budaya. Mereka dikenal dengan budayawan dalam sejarah.

Berikut ini beberapa tokoh budayawan terkenal sepanjang sejarah Indonesia. simak berikut ini.

7-budayawan-terkenal-sepanjang-sejarah-indonesia-raden-saleh

Raden Saleh. Bagi para pelukis pasti sangat kenal dengan Raden Saleh. Ia adalah pelopor Seni Rupa Modern Indonesia tahun 1826-1880. Karya beliau terkenal dengan unsur romantis dan naturalis. Raden Saleh lahir di Semarang tahun 1807. Raden Saleh mempelajari seni lukis di Eropa lebih dari 20 tahun. Sudah banyak negeri yang ia jelajahi hanya demi mempelajari aliran seni lukis. Banyak karya seni yang Raden Saleh telah lahirkan seperti potret, pemandangan dan peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi di pelosok negeri. Sampai saat ini, karyanya masih membawa pengaruh hingga sekarang

7 Budayawan Terkenal Sepanjang Sejarah Indonesia

Basuki Abdulah. Jika Raden Saleh pelukis yang cenderung romantis dan naturalis, tokoh seni rupa lainnya Basuki Abdulah terkenal sebagai pelukis beraliran realistis dan naturalis. Beliau adalah sosok yang pernah menjadi pelukis resmi di Istana Merdeka Jakarta. Selain melukis, Basuki Abdulah juga pandai menari. Beliau sering tampil sebagai Rahwana atau Hanoman dalam Tarian Wayang Wong. Pada tahun 1939 Basuki Abdulah mencoba mencari peruntungan memamerkan hasil karyanya dengan cara berkeliling Indonesia. Banyak kritikan dan sanjungan selama ia memamerkan karyanya itu. Tapi Basuki Abdulah terus optimis dalam mengenalkan seni lukis pada orang Indonesia.

 

 

 

chairil-anwar

Chairil Anwar. Siapa yang tak kenal Chairil Anwar? Karya-karyanya begitu populer karena sangat merepresentasikan dirinya serta persoalan jaman. Ia mampu mendeskripsikan dirinya melalui sebuah kata-kata. Karya-karyanya sangat dikagumi banyak orang. Bahkan ia memberikan pengaruh pada perkembangan sastra di Indonesia. Karya yang paling terkenal adalah puisi yang berjudul Aku dan Krawang Bekasi. Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Chairil Anwar meninggal di usia yang masih muda yaitu 27 tahun karena terserang beberapa penyakit. Puisi terakhir yang ia buat yaitu berjudul Cemara Menderai.

 

 

 

affandi-koesoema

Affandi Koesoema. Beliau adalah seorang maestro seni lukis Indonesia yang amat dikagumi banyak orang. Sebelum disebut sebagai “maestro” Affandi bekerja sebagai perancang gambar reklame dan tukang sobek karcis di salah satu gedung Bioskop Bandung. Namun karena rasa ketertarikan pada seni lukis, ia kemudian bergabung dengan kelompok Lima Pelukis Bandung yang terdiri dari Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi. Tahun 1943 pameran pertamanya diadakan di Gedung Poetera Djakarta dimana saat itu sedang berlangsung penjajahan tentara Jepan di Indonesia. Kini karya seni Affandi tidak hanya dipamerkan di Indonesi namun di berbagai belahan negara. Affandi telah meluncurkan karya seninya lebih dari 2000 lukis.

 

 

kuntowijoyo

Kuntowijoyo. Kuntowijoyo bisa dibilang adalah seorang sejarahwan, sastrawan, budayawan, aktivis muslim serta penulis kolumnis. Beliau dikenal sebagai seorang aktivis muslim yang jujur, rendah hati dan berintegritas tinggi. Kuntowijoyo adalah salah satu dosen di jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya UGM. Beliau dikenal kritis terhadap masalah sosial. Beliau juga membuat buku-buku bertajuk politik dan agama seperti Sejarah Umat Islam Indonesia (1985), Budaya dan Masyarakat (1987), Demokrasi dan Budaya Birokrasi (1994) dan masih banyak lagi. Kuntowijoyo adalah tokoh yang sangat disegani baik dalam dunia akademis maupun politik. Pemikirannya yang berkualitas itulah yang selalu menjadi perhatian banyak orang di Indonesia.

 

 

A. Mustofa Bisri.

A. Mustofa Bisri. Biasa dipanggil Gus Mus, beliau adalah kiai, penyair, budayawan, pelukis cendekiawan muslim dan masih banyak lagi sebutan baginya. Beliau adalah sosok yang berintergritas tinggi serta berwawasan luas, pemikirannya yang kritis dan multikreatif membuat Gus Mus menjadi sosok yang terhormat di negeri ini. Gus Mus memberikan pengaruh yang hebat pada kehidupa sosial dan politik para ulama. Beliau juga disebut sebagai kiai pembelajar bagi para umat dan ulama.

Taufiq Ismail. Taufiq Ismail mulai menyukai sastra sejak SMA. Saat itu Taufiq suka menulis beberapa puisi yang akan dimuat di majalah. Berkat program pertukaran pelajar di Milwaukee, Wisconsin, AS Taufiq mulai mengenal karya sastra asing.  Taufiq Ismail sendiri sudah membuat membuat beberapa buku seperti Manifestasi (1963), Malu (Aku) Jadi Orang Indonesia, Yayasan Ananda (1998).

Selain 7 Budayawan Terkenal Sepanjang Sejarah Indonesia ini sebenarnya masih sangat banyak seniman yang ada di Indonesia jaman dahulu. Termasuk sejarah tentang pekerjaan unik di masa lalu. Namun karena keterbatasan pencatatan membuat hanya beberapa yang terkenal saja. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google