Cara Membangun Empati Untuk Menciptakan Relasi Bisnis

Cara Membangun Empati Untuk Menciptakan Relasi Bisnis

Badinesia.com – Setiap orang yang ada di dunia ini sudah pasti memiliki perasaan empati terhadap sesamanya. Perasaan empati ini kadang bisa tercipta dengan orang yang sudah di kenal ataupun yang belum di kenal. Meskipun begitu ada hal yang bisa kita gunakan untuk membangun sebuah perasaan berempati terhadap orang lain. Rasa empati yang di miliki akan berbeda dengan tiap-tiap orang. Jika kepada orang yang sudah kita kenal rasa empati akan beda dengan jika rasa empati kepada orang yang belum kenal. Jadi untuk membangun rasa empati pun perlu menggunakan cara yang berbeda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan guna membangun rasa empati bagi orang lain.

1. Belajar mendengarkan orang lain

Belajar mendengarkan orang lain merupakan suatu langkah pertama yang dapat di lakukan agar perasaan empati ini terbangun. Karena dengan kita memiliki perasaan empati akan terjaliin suatu hubungan yang baik dengan orang lain. Terutama hubungan dengan orang yang belum kita kenal. Kebanyakan oraang tidak akan mau untuk di perlakukan dengan seenaknya atau diperlakukan dengan tidak selayaknya. Apalagi seorang pelanggan dalam usaha kita tentunya sangat ingin untuk di mengerti. Hal yang bisa di lakukan dan sangat awal adalah ketika kita berbicara dengan orang yang sedang berinteraksi dengan kita ada baiknya jika kita fokus memperhatikan orang tersebut. Dengan kita fokus akan membuat orang itu memiliki rasa bahwa kita benar-benar memperhatikan apa yang sedang dia bicarakan.

2. Bersikap membuka diri

Bersikap membuka diri dan tidak terbatas pada kemauan untuk memulai atau terlibat dalam pembicaraan dengan orang lain terutama orang yang baru kita kenal. Untuk menimbulkan empati di perlukan komunikasi secara dua arah. Dalam memulai pembicaraan pertama kali ada baiknya jika kita menceritakan dahulu mengenai diri kita. Namun sebaiknya hal yang kita bicarakan jangan terlalu terbuka semuanya. Kita harus mengetahui juga apa saja yang bisa kita ceritakan kepada orang tersebut. Saat kita mencerirakan tentang diri kita maka akan membuat orang yang kita ajak berbicara juga tertarik untuk menceritakan hal mengenai diri nya.

3. Berikan afeksi secara fisik

Sentuhan yang dilakukan secara fisik biasanya akan membuat hubungan orang menjadi lebih dekat. Meskipun begitu, ada baiknya kita tidak menggunakan hal ini kepada semua orang. Karena tidak semua orang mrmiliki rasa nyaman ketika bersentuhan dengan orang lain apalagi orang yang batu dikenalnya. Lebih baik kita mempperlakukan setiap orang sewajarnya. Agar orang yang kita kenal tidak menilai negatif terhadap kita.

4. Fokuskan perhatian pada kondisi di sekitar Anda

Beberapa orang seringkali berada pada suatu situasi dimana kita tidak tahu apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Hal ini dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari situasi lingkungan yang tidak mendukung atau pun karena kita sendiri yang kurang fokus dan tidak perhatian terhadap lingkungan sekitar kita. Untuk bisa membangun empati kepada orang lain, kita harus dapat fokus terhadap lingkungan dimana kita berada. Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Dengan kita mengerti kondisi lingkungan kita berada kita akan tahu dengan pasti apa saja yang terjadi di lingkungan kita. Jika lingkungan kita mengalami perubahaan kita bisa mengerti harus berbuat apa agar kita tidak ketinggalan.

5. Jangan menilai

Untuk bisa membangun empati dengan baik kita jangan pernah menilai seseorang atau suatu kondisi hanya dari sudut pandang kita sendiri. Kita bukan orang yang mengetahui semua yang di pikirkan oleh lawan berbicara kita. Kota juga tidak bisa mrnilai seseorang hanya dari pertama kali kita melihatnya. Karena ketika kita mrnilai seseorang dari sudut pandang yang salah akan mrmbuat kita sulit untuk berempati.

6. Berikan bantuan

Kadang, beberapa orang enggan untuj meminta bantuan ketika ia sedang merasa mengalami sebuah kesulitan. Kadang seseorang tidak meminta bantuan karena terlalu malu untuk meminta bantuan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya jika kita yang memulai untuk menawarkan bantuan pada orang yang membutuhkan. Dengan menawarkan bantuan, maka oraang akan menilai kita memiliki sikap kepedulian kepada setiap orang. Namun dalam memberikan bantuan lebih baik kita berikan dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan.

Cara Membangun Empati Kepada Orang Asing

1. Kita harus meemiliki rasa ingin tahu kepada orang asing.

Salah satu cara menunjukkan empati adalah dengan memiliki ketertarikan kepada orang lain, terutama orang-orang yang tidak di kenal dan mereka kadang berada dalam sekitar lingkungan kita ataupun mereka kadang sering kita lihat. Dengan cara ini kita bida memulai untuk berbincang dengan orang yang baru kita kenal. Kadang kita bisa memulai hal ini dengan mengajak ngobrol orang yang kita temui ketika kita sedang menunggu di pusat hiburan atau saat kita berada dalam antrian dokter. Dalam hal ini kita akan mmenemui kesulitan kadang ada orang yang tidak mau untuk kita ajak berbicara apalagi jika orang itu masih pertama kali kita temui. Kita juga harus bersikap sopan ketika akan mengajak orang asing mengobrol dengan kita agar orang itu tidak menilai kita sebagai orang yang negatif.

2. Jadilah sukarelawan

Membangun empati terhadap orang lain dapat dimulai pula dengan menjadi sukarelawan. Dengan menjadi sukarelawan, kita memilih untuk menawarkan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Dan kita bisa ikut merasakan apa yanb sedang di alami oleh orang yang kita bantu. Dengan kita menjadi seorang penolong kita bisa lebih bersyukur akan apa yang sudah kita miliki. Dan tidak mengeluh dengan kehidupan kita.

3. Tantanglah prasangka Anda sendiri

Manusia cenderung memiliki prasangka buruk terhadap orang lain yang berpenampilan aneh atau tidak sama seperti penampilan anda. Kadang apabila kita menemui orang yang berpenampilan sedikit aneh kita akan langsung menilai bahwa orang tersebut pasti bukan orang baik-baik. Hal ini lah yang harus kita hindari dalam mrmbangun rasa empati terhadap orang asing. Untuk menumbuhkan rasa empati kita ada baiknya mencari persamaan dengan beberapa orang.

4. Gunakan imajinasi

Kita bisa menggunakan imajinasi kita untuk dapat ikut merasakan apa yang orang lain rasakan. Kita bisa mengimajinasikan penderitaan orang . Nsmun kita juga harus tau bahwa tidak semua imajinasi kita itu benar sesuai dengan kenyataannya. Namun kita harapkan imajinasi dapat mrmbantu kita mrmahami orang lain.

5. Praktekkan berempati dengan mengalami sendiri

Terdapat sebuah pernyataan yang menyatakan jika kita tidak akan pernah bisa merasakan apa yang orang lain rasakan jika kita belum pernah mengalaminya sendiri. Pernyataan ini menjelaskan jika masing-masing orang memiliki jalan hidup sendiri dan mengalami kesulitan atau masalah yang berbeda pula. karenanya kita tidak dapat menilai seseorang hanya berdasarkan apa yang kita lihat dari luar nya saja. Untuk bisa membangun empati dengan orang lain, kita bisa mencoba untuk ikut mengalami apa yang sedang di hadapi orang tersebut.
Misalnya, untuk bisa lebih berempati terhadap seorang tukang kebun maka bisa mencoba untuk melakukan pekerjaan mereka selama minimal 3 hari berturut-turut.

6. Perlakukan setiap orang sebagai orang penting

Janganlah kita menilai seseorang dengan sangat rendah atau meremehkan orang lain yang kita belum kenal. Kita harus memposisikan diri kita berada di posisi orang tersebut. Di dunia ini yang perlu kita ketahui tidak hidup sendirian, maka dari itu kita harus bisa menghargai setiap orang. Dengan tidak membedakan status sosialnya.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google