Kenapa Tidak Boleh Bekerja Jika Ingin Mencari Uang?

Bekerja untuk mencari uang?. Ini salah satu kesalahan fatal yang menurut saya bisa menimbulkan efek gejala korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Tapi ini bukan faktor mayoritas, melainkan hanya sebagian yang melakukan dengan cara benar dan yang salah.

Kenapa Tidak Boleh Bekerja Jika Ingin Mencari Uang? Baca cerita saya berikut ini :

Bapak saya pernah bilang
Sebagai lelaki kamu harus pinter cari duit biar bisa bertanggung jawab untuk dirimu dan keluargamu.”

saya tanya : “Lah, harus daftar kerja?” 🙁

Bapak : “Daftar kerja itu bukan cari duit, inget. Bukan cari duit.”
Saya : “Loh kok bisa?” garuk kuping
Bapak : “Kalau kamu daftar kerja terus ketrima, disitu ngapain? cari duit atau mengabdi ke perusahaan atau instansi?.”
Saya : “Kan juga dapet gaji pak.”
Bapak : “Bukan, gaji itu adalah bayaran jerih payahmu yang kau berikan pada perusahaan atau instansi. Coba bayangkan kalau semua guru, dosen, karyawan, sopir, pejabat, PNS dll yang bekerja untuk cari duit. Ujung ujungnya jualan LKS, proyekan penelitian untuk dapet untung, memberi atau menerima tips, itulah kenapa banyak PNS pejabat yang memulai usaha dengan Korupsi. Mereka cari uang, cari untung, ada kesempatan langsung ambil.”
Saya : hanya bergumam belum mudeng… 😀

Mohon maaf jika ada yang tersinggung, tapi banyak juga karyawan atau PNS yang jujur, itu hanya kata Bapak saya. Kita mah cuma belajar sana sini.
Setelah menjalani beberapa tahun ini ternyata benar, peluang akan selalu muncul dan hasrat manusia untuk mendapatkan untung selalu ada. Tapi bisnis itu juga ada etikanya.

Namun kembali ke pribadi masing-masing. Ada yang suka dengan bekerja karena pengabdian kepada negara, instansi, swasta atau yayasan tertentu. Ada pula yang tidak. Dalam bisnis juga demikian, ada yang suka dengan bisnis agar bisa lebih banyak berbagai dan bermanfaat untuk orang lain dengan menyediakan lapangan pekerjaan. Ada pula yang melakukannya karena nafsu terhadap harta.

Kenapa Tidak Boleh Bekerja Jika Ingin Mencari Uang

Pelajaran penting, bukan tentang bagiamana bisnis itu dijalankan. Tapi tentang bagaimana bisnis itu bisa lebih banyak bermanfaat untuk orang lain. Semangat @badinesia

Indonesia adalah negara yang ramah dan saling peduli akan satu sama lain. Untuk itu karena saling pedulinya kadang sering mencemooh orang lain dengan pekerjaan tertentu atau usaha tertentu. Tujuan tulisan ini untuk membuka pikiran kita bahwa rejeki ada di Tangan Alloh dan tidak akan pernah salah, tinggal bagaimana kita menemukan cara untuk mendapatkannya dengan halal.

Itu saja,  semoga bermanfat.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google