Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Anak Muda

Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Anak Muda

Badinesia.com – Masa muda adalah waktu dimana kita bisa bebas berekspresi melakukan hal apapun. Bahkan menghambur-hampurkan uang bisa menjadi kesenangan yang tidak bisa dihentikan. Namun jangan lupa bahwa masa depan anda lebih panjang lagi.

Jadi jangan sia-siakan uang masa mudamu untuk hal yang penting, menabunglah dan gunakan untuk mengembangkan diri agar semakin lebih baik. Berikut ini berbagai kesalahan dalam mengatur keuangan anak muda yang wajib diketahui.

Membeli karena ingin

Hal ini memang yang paling sulit dilakukan setiap orang sebab pada dasarnya manusia selalu mempunyai keinginan. Namun dalam menggunakan uang Anda harus memahami betul apakah barang yang dibeli memang dibutuhkan. Buanglah kebiasaan membeli barang karena keinginan. Terutama di keadaan sekarang dimana semua barang bisa dibeli dengan sistem kredit. Anda jangan sampai terjebak oleh kemudahan itu, manfaatkan kredit untuk barang yang memang dibutuhkan.

Berbelanja dengan royal

Memiliki tas dengan brand terkenal tentu sangat membanggakan dan menyenangkan. Jika Anda sering melakukannya, hentikanlah mulai sekarang. Sebaiknya gunakan uang yang dimiliki untuk menabung sehingga nantinya Anda bisa membeli rumah yang lebih besar. Bukankah itu akan lebih baik? Hentikanlah berbelanja barang karena gengsi.

Pemotongan langsung dari rekening

Dengan berkembangnya teknologi, kini sistem pembayaran menjadi semakin mudah. Ada beberapa perusahaan yang akhirnya memberi fasilitas dengan memotong langsung dari rekening. Jika Anda telah menggunakan sistem tersebut maka jelilah memantau rekening. Sebab sudah banyak orang yang menjadi korban karena acuh terhadap pemotongan tersebut.

Masa bodoh dengan promo

Setiap perusahaan tentu memberikan promo tertentu untuk menarik pelanggan baru. Anda sebagai pelanggan lama juga harus memanfaatkan momen tersebut. Misal provider internet Anda sedang memberikan promo maka cobalah untuk meminta mereka memberikan pula pada Anda. Ini akan menghemat  keuangan Anda meskipun tidak banyak.

Tidak mau tahu dengan pajak

Setiap membeli barang atau menggunakan sebuah jasa biasanya Anda akan dikenai pajak. Bukan menyarankan Anda untuk tidak membayar pajak tetapi cobalah untuk membeli barang diperlukan saja. Saat membeli barangpun Anda harus benar-benar memperhatikan pajak yang nantinya harus dibayarkan. Dengan begitu Anda bisa menghemat keuangan.

Bersenang-senang ke sana kemarin

Bertemu dengan teman lama selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Namun jika Anda harus bertemu dengan beberapa pihak di lain tempat dalam waktu sehari tentu akan memberatkan keuangan. Biasanya Anda akan bertemu mereka di tempat makan atau kafe. Biaya yang dikeluarkan pun menjadi tidak sedikit sehingga Anda harus cerdas dalam menerima ajakan.

Membuat anggaran asal-asalan

Syarat agar keuangan lebih teratur adalah dengan membuat anggaran. Sebab dengan begitu Anda bisa lebih mudah dalam mengalokasikan dana. Namun jika Anda membuat anggaran dengan asal-asalan maka hal itu hanya menjadi percuma. Pembuatan anggaran harus berdasarkan pemasukan dan pengeluaran yang memang dibutuhkan. Hitunglah secara teliti dan pilihlah kebutuhan yang benar diperlukan.

Demikian beberapa kesalahan dalam mengatur keuangan. Jika Anda pernah melakukannya mulailah memperbaiki dari sekarang dan berusaha untuk tidak mengulanginya. Semoga bermanfaat.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google