1

Keunikan Ilmu Psikologi yang Wajib Anda Ketahui

Keunikan Ilmu Psikologi yang Wajib Anda Ketahui

Badinesia.com – Psikologi merupakan disiplin ilmu yang memelajari prilaku manusia dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung. Psikologi bukan hanya menangani klien bermasalah. Manusia normal dapat menjadi sasaran praktik. Negara Indonesia terus berkembang menjadi masyarakat modern. Pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya memiliki dampak terhadap kesehatan jiwa manusia. Munculnya permasalahan yang dialami individu membutuhkan penanganan yang tepat dari pakar profesional dibidang Psikologi. Namun penglihatan kita di pengaruhi oleh stigma yang berkembang dimasyarakat.

1. Psikologi sebagai dukun

Psikologi sering dimintai bantuan untuk melakukan ramalan, bukan tugas psikologi untuk mengetahui masa depan seseorang. Psikologi dapat melakukan prediksi terhadap karakteristik individu dengan analisis Grafologi dan Grafis. Saya lebih senang menyebut psikologi sebagai dukun berdasi.

2. Dokternya penderita schizofrenia

Psikologi bukan dokter yang memberi resep obat. Psikologi membantu asesmen klinis dalam praktiknya dirumah sakit. Psikologi dalam bekerja dibidang satu meja dengan seorang psikiater. Klien yang datang kepsikolog tidak selamanya penderita gangguan jiwa.

3. Ahli hipnotis

Stigma masyarakat mempengaruhi skema berfikir kita. Psikologi sedikit memberikan dasar tentang proses hypnosis. Ibarat orang lari maraton 10 KM  hypnosis adalah skill yang perlu dilatih secara khusus diantaranya disiplin yang hampir mirip psikologi yaitu psikoterapi.

4. Psikologi tak bisa lepas dari angka

Fungsi angka digunakan untuk melakukan analisis kuantitatif terhadap penggunaan alat tes.

5. Psikologi menggunakan metode penelitian ilmiah

“Apakah yang menjadi motivasi seseorang untuk tetap berprestasi dengan keadaan diffabel”. Psikologi menawarkan temuan-temuan dari berbagai sudut pandang yang dapat digunakan untuk mengevaluasi dan menghubungkan dengan berbagai temuan yang sudah terbukti. Psikologi dapat berperan pada berbagai bidang diantaranya pendidikan, sosial, perkembangan, psikometri, politik, olahraga, klinis, sexual dan industri.

Ditulis oleh : Alisa Maulana, S. Psi. 

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google