6

Lakukan Hal Berikut Ini Agar Tak Nganggur Setelah Wisuda

Lakukan Hal Berikut Ini Agar Tak Nganggur Setelah Wisuda

Badinesia.com – Momen wisuda merupakan salah satu momen yang paling membahagiakan. Bagaimana tidak setelah bertahun-tahun berjuang untuk mendapat gelar sarjana akhirnya terbayar sudah dengan di wisuda. Ya wisuda membuat sebagian besar mahasiswa merasa lega karena dapat terbebas dari beban skripsi yang menguras banyak tenaga, airmata, dan materi. Namun setelah wisuda telah usai apakah kalian sudah memiliki perencanaan masa depan ? apakah kalian sudah memperoleh pekerjaan ?atau malah masih bingung untuk menentukan masa depan kalian sendiri ?dan akhirnya nganggur ?

Memang untuk merencananakan masa depan setelah wisuda bukanlah hal yang mudah. Perlu berbagai pertimbangan dan pemikiran yang logis untuk merancangnya. Namun setidaknya setelah lulus kamu tetap harus produktif karena tidak selamanya kamu bergantung pada orang tua kan ? Nah berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan agar tak nganggur setelah wisuda .

1. Mulai List Perencanaan Masa Depanmu Mulai Sekarang

List atau buat daftar keinginan yang akan kamu lakukan setelah wisuda. Perencanaan ini penting kamu lakukan agar tujuanmu setelah wisuda  dapat kamu atur. Fokus dan checklist daftar tersebut apabila sudah memenuhi target.

2.   Jangan Menunda

Setelah melakukan daftar perencaan segeralah untuk memulainya. Jangan menunda dan jangan malas. Menunda hanya akan membuang waktumu terbuang sia-sia.  Berusaha dan berdoa merupakan kunci terbaik agar perencanaanmu dapat berjalan dengan lancar.

3.  Jika Minat Bekerja Segeralah Cari Informasi

Jika bekerja di suatu perusahaan adalah tujuanmu setelah wisuda, mulailah cari info dari sekarang. Ikuti job fair diberbagai kampus yang menyelenggarakannya. Siapkan fisik dan mentalmu untuk bersaing dengan ribuan calon pekerja yang juga  memiliki keinginan untuk bekerja sepertimu.

4.     Bisnis ?Why Not ?

Menciptakan lapangan pekerjaan sendiri  juga bisa jadi pilihan yang tepat setelah wisuda. Bisnis juga bisa menjadi ladang untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Memang tak mudah untuk membangun bisnis. Berbagai resiko yang mungkin terjadi di pasar bisa saja terjadi. Oleh karenanya diperlukan niat dan usaha keras untuk membangun bisnis agar dapat berkembang.

 5.   Ikuti Pelatihan Untuk Mengasah Skillmu

Lulus menjadi sarjana bukan berarti ilmu yang kita dapatkan sudah cukup. Skill/keahlian diperlukan agar kamu memiliki nilai plus di mata masyarakat. Oleh karena itu jangan malas untuk terus belajar. Mengikuti pelatihan adalah salah satu cara untuk meningkatkan skillmu menjadi lebih berkualitas.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google