Nama-Nama Pengarang Puisi Terkenal Di Dunia

Badinesia.com – Menjadi pengarang puisi bukanlah hal yang mudah. Pada jaman dahulu masuk dalam Nama-Nama Pengarang Puisi Terkenal Di Dunia menjadi salah satu torehan sejarah paling prestatif didunia. Hal ini karena peran media zaman dahulu belum sepesat saat ini.

Kini kita bisa leluasa menaruh puisi di postingan media sosial, blog atau website. Semuanya serba gampang. Mencari kosa kata pun tinggal membuka kamus elektronik, semua diksi bisa muncul. Tapi jaman dahulu benar-benar butuh perjuangan untuk mendapatkannya.

Chairil Anwar

Chairil Anwar

Pria kelahiran 26 Juli 1922 Medan Sumatra utara ini sangat terkenal di Indonesia dan dunia. Mendapat julukan “Si Binatang Jalang” atas karya yang sangat fenomenal yaitu puisi berjudul “Aku” atau “semangat”.

Bahkan dia disebut sebagai pelopor dari Angkatan 45 dan puisi modern Indonesia oleh H.B. Jassin. Namanya melejit sejak masuk dalam Majalah Nisan tahun 1942 dan waktu itu usianya baru 20 tahun.

Selama hidup, Chairil anwar dikenal telah menulis 94 karya termasuk 70 puisi. Karyanya banyak yang ditulis dalam kompilasi dari Pustaka rakyat dengan berbagai judul. Deru Campur Debu (1949), Kerikil Tajam Yang Terampas dan Yang Putus (1949), dan Tiga Menguak Takdir (1950; bersama Asrul Sani dan Rivai Apin).

Meski pernah ditolah oleh Pandji pustaka karena dianggap individual dan moderat dari aturan baku penulisan puisi. Namun biuktinya saat ini namanya dikenal di Dunia.

 asrul-sani

Asrul Sani

Beliau adalah seorang sastrawan dan sutradara film angkatan 45 yang lahir di Rao, Sumatera Barat, 10 Juni 1926. Bersama Chairil Anwar dan Rivai Apin, Asrul Sani menulis antologi Tiga Menguak Takdir  yang akhirnya mengantarkan karir kepenyiarannya menanjak. Mereka bertiga begitu terkenal di kalangan Sastrawan akibat memproklamirkan sikap kebudayaan mereka dengan Surat Kepercayaan Gelanggang.

nama-nama-pengarang-puisi-terkenal-di-dunia-sutor-situmorang

Sitor Situmorang

Beliau adalah penyair yang lahir dengan marga Situmorang dari Suku Batak Toba. Beliau pada tanggal 2 Oktober 1923 di Harianboho, Tapanuli. Sitor Situmorang awalnya seorang wartawan Suara Nasional dan harian Waspada. Beliau juga pernah bekerja sebagai pegawai Jawatan Kebudayaan Departemen P & K, dosen Akademi Teater Nasional Indonesia, anggota Dewan Nasional serta anggota MPRS. Sitor Situmorang pernah menjadi tahan politik pada masa pemerintahan Orde Baru sejak tahun 1967-1974. Karya-karya Sitor Situmorang antara lain Surat Kertas Hijau (1954), Jalan Mutiara (1954), Wajah Tak Bernama (1956), Rapar Anak Jalan (1955), Zaman Baru (1962) dan masih banyak lagi. Salah satu puisinya yang berjudul Peta Perjalanan pernah mendapatkan hadiah dewan kesenian Jakarta di tahun 1976.

Sutardji Cazoum Bachri

Sutardji Cazoum Bachri

Beliau lahir di Rengat, Indragiri Hulu, pada tanggal 24 Juni 1941. Pada awal karir Sutardji merintis karya ia mengirimnya pada surat kabar di Bandung. Setelah itu banyak sajak-sajaknya dimuat di majalah Horison dan Budaya Jaya termasuk Sinar Harapan dan Berita Buana. Sajak-sajak milik Sutardji ini adalah pembahruan bagi perpuisian di Indonesia sejak angkatan 45. Sutardji juga memperlihatkan cara membaca puisi yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sajak-sajaknya yang terkenal adalah yang berjudul O Amuk Kapak yang merupakan kumpulan sajak sejak periode 1966 hingga 1979.

w-s-rendra

W.S. Rendra

Beliau adalah seorang sastrawan besar Indonesia yang lahir di Solo 7 November 1935. W.S Rendra sudah menulis sejak ia masih muda. Banyak naskah, cerpen, dan essai sastra yang di muat di media massa. Sejak puisi pertamanya yang dipublikasikan di majalah Siasat, karya-karya puisinya terus bermunculan di majalah-majalah ternama. Hal itu terus berlanjut sejak tahun 60-an hingga 70-an. Rendra sendiri bukanlah termasuk dalam satu angkatan atau kelompok seperti angkatan 45, 60-an atau 70-an. Rendra memiliki kebebasan sendiri dalam berkarya. Karya-karyanya yang terkenal seperi Ballada Orang-orang Tercinta, Empat kumpulan Saja, Sajak-sajak Sepatu Tua, Mencari Bapak, Perjalanan Bu Aminah, kemudian Nyanyian Orang Urakan, Pamphleten van een Dichter, serta Potret Pembangunan Dalam puisi, dan masih banyak lagi.

Nama-Nama Pengarang Puisi Terkenal Di Dunia di atas bisa menjadi pemicu semangat agar kita terus berupaya untuk menorehkan karya bermanfaat di negeri ini. Ketahui juga budayawan terkenal di Indonesia.

 

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google