Trik Pempertahankan Pelanggan dalam Pemasaran Bisnis

Memang dalam berbisnis, mendapatkan pelanggan terkadang lebih mudah daripada mempertahankannya. Atau ada juga yang mengalami kesulitan baik dalam mendapatkan Pelanggan dalam Pemasaran bahkan mempertahankannya. Banyak kita jumpai perusahaan yang bangkrut akibat tidak mampu mempertahankan pelanggan yang sudah lama menjadi pelanggannya.

tips agar pelanggan setia

Tentunya hal tersebut tidak mau menimpa bisnis yang anda geluti. Pelanggan merupakan aktor utama dibalik berkembangnya bisnis anda. Memahami lebih dalam tentang pelanggan merupakan bagian dari skill seorang pebisnis. Ketika anda telah memiliki banyak pelanggan, anda juga harus mampu mempertahankannya. Ada beberapa cara dalam mempertahankan pelanggan bisnis anda.

1. Berikan perhatian kepada pelanggan

Perhatian tidak hanya anda berikan kepada orang yang anda sayangi. Dalam bisnis, perhatian harus anda berikan kepada pelanggan anda, baik sebelum membeli maupun sesudah membeli produk anda. Jangan sampai anda membual langkah yang bisa menjauhkan anda dari pelanggan lama anda. Bentuk perhatian bisa dengan memberikan informasi terhadap produk terbaru anda, atau bisa juga dengan memberikan informasi diskon terbaru sebelum yang lain tau, pelanggan lama anda sudah anda beritahu. Ini akan membuat pelanggan menjadi betah terhadap cara berbisnis anda.

2. Ciptakan hubungan saling menguntungkan

Anda harus bisa menciptakan sebuah hubungan yang baik dengan pelanggan yang membuat saling menguntungkan. Anda harus siap menjadi pendengar setia dari setiap keluhat maupun curhatan para konsumen. Dan anda juga harus siap menjadi seorang pembicara handal ketika konsumen membutuhkan sebuah solusi. Dengan adanya hubungan yang harmonis dengan konsumen, bisnis anda akan aman dari kata bangkrut.

3. Jaga kualitas produk dan layanan

Pelanggan akan setia berlangganan jika produk yang mereka dapatkan mendapatkan kualitas yang konsisten. Artinya anda perlu untuk menjaga kualitas produk yang ada berikan kepada pelanggan. Karena banyaknya kompetitor dari bisnis anda, semakin banyak pula tawaran kualitas produknya. Tidak hanya kualits produk yang perlu anda jaga, melainkan juga layanan anda terhadap pelanggan. Jangan sekali-kali anda membuat kecewa pelanggan hanya gara-gara pelayanan yang anda berikan. Jika pelanggan menyukai dengan gaya pelayanan anda, maka jaga gaya dengan baik.

4. Berikan keuntungan bagi pelanggan anda

Selain menjaga kualitas produk dan layanan anda kepada pelanggan, anda juga harus memberikan sesuatu yang bisa memberikan keuntungan bagi pelanggan anda. Anda tawarkan peluang bisnis kepada pelanggan anda yang membuat keuntungan tidak hanya bagi pelanggan anda tapi juga bagi perusahaan anda. Contohnya, anda menawarkan reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk bisnis anda. Dengan cara seperti itu, kedua belah pihak akan saling diuntungkan.

Itulah beberapa cara yang baik dalam mempertahankan konsumen atau pelanggan dalam pemasaran bisnis. Semoga semakin baik hubungan anda dengan konsumen, semakin baik pula terhadap iklim bisnis anda.

Badi Uzzaman

Share This Post To :
Facebook | Twitter | Digg | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Continue Reading

" title="Google Bookmark" target="_blank">Google